by

Mangaka Kentaro Miura Meninggal Dunia

-SOSOK-113 views

Jakarta, Radar Seni – “Dr. Kentaro Miura, penulis Berserk, meninggal dunia pada tanggal 6 Mei 2021 karena diseksi aorta akut. Kami ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk karya lukis Dr. Miura dan berdoa untuk jiwanya.”

Demikian pernyataan tertulis penerbit Berserk, Hakusensha Co.Ltd pada unggahan akun media sosial resmi manga Berserk saat mengumumkan kematian komikus Kentaro Miura yang namanya mendunia lewat karya manga (komik Jepang) Berserk.

Kentaro Miura meninggal pada usia 54 tahun. Mangaka (komikus Jepang) tersebut disebut meninggal dunia pada 6 Mei lalu namun baru diumumkan secara resmi Kamis (20/5/2021) kemarin.

Disebutkan, penyebab kematian Miura karena diseksi aorta akut, yaitu kondisi ketika lapisan bagian dalam pembuluh darah besar yang bercabang jantung (aorta) memiliki sobekan. Biasanya, kondisi darurat medis ini terjadi pada pria berusia 60-an dan 70-an tahun.

Kentaro Miura mulai menggambar pada usia 10 tahun. Awalnya dia menciptakan manga untuk teman sekelasnya, namun kemudian berkembang menjadi cita-citanya. Setelah lulus sekolah, ia yang masih berusia 18 tahun memilih bekerja sebagai asisten George Morikawa, kreator manga tinju Hajime No Ippo.

Karya paling terkenal dari Miura adalah Berserk, yang mulai menjadi serial pada 1989. Manga dark fantasy tersebut terinspirasi cerita dari abad pertengahan yang brutal.

Berserk termasuk manga legendaris dan memiliki banyak pengaruh pada karya budaya populer lainnya. Video gim seperti Dark Souls, Bloodborne, dan Final Fantasy hingga Demon Slayer, Castlevania, dan Vagabond diyakini dipengaruhi karya Miura itu.

Pengakuan pada Miura salah satunya diwujudkan melalui penghargaan Tezuka Osamu Cultural Prize pada 2002.

Hingga Mei 2021, Berserk tercatat telah terjual lebih dari 50 juta kopi, termasuk dalam bentuk digital. Capaian itu membuat manga ini menjadi salah satu seri manga terlaris sepanjang tahun. (em)

silahkah klik: https://shopee.co.id/toko.wahdah99

silahkan klik: https://www.tokopedia.com/wahdah

silahkan klik: https://www.lazada.co.id/shop/bakul-herbal-99/

silahkan klik: http://www.buanawebsite.com/garam-mandi-aleya/

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed