by

Pemeran Darth Vader Meninggal Dunia

-Film-172 views

Jakarta, Radar Seni – Pemeran Darth Vader  di serial film Star Wars, David ‘Dave’ Prowse meninggal dunia di usia 85 tahun pada Sabtu (28/11). Kematian aktor kelahiran Inggris 1 Juli 1935 itu diumumkan secara resmi oleh agensi yang menaunginya, hari Minggu kemarin. Prowse meninggal karena penyakit yang telah dideritanya sejak lama.

“Dengan penyesalan besar dan kesedihan yang menyayat hati bagi kami dan jutaan penggemar di seluruh dunia, kami harus mengumumkan bahwa klien kami, Dave Prowse MBE telah meninggal dunia pada usia 85 tahun,” ungkap agensi Prowse, Bowrington Management melalui cuitan di akun Twitter, Minggu (29/11/2020).

“Meski terkenal karena peranya sebagai monster, untuk diriku sendiri dan semua yang mengenal Dave (David Prowse) serta yang bekerja dengannya, dia adalah pahlawan bagi hidup kami,” tambahnya.

Aktor Amerika Mark Hamill yang berperan sebagai putra  Darth Vader, Luke Skywalker, juga mengirimkan ucapan belasungkawa dalam sebuah cuitan Twitter pada Minggu.

“Sedih sekali mendengar  David Prowse meninggal. Dia pria yang baik dan lebih dari Darth Vader,” tulisnya.

Saat memerangkan Darth Vader, David mengenakan kostum hitam dan helm tertutup, sehingga wajahnya tidak terlihat. Dan karena aksen British-nya dianggap kurang cocok dengan karakter Darth Vader, maka suaranya pun didubbing oleh suara aktor kulit hitam James Earl Jones.

Kepiawaiannya berakting mulai dilirik George Lucas, sutradara Star Wars, ketika ia berperan di film A Clockwork Orange (1971) karya Stanley Kubrick. Setelah itu, ia mengikuti audisi untuk memainkan karakter Darth Vader dan Chewbacca.

Dia bermain sebagai Darth Vader, mulai dari Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977), Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980), dan Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983).

Kisah hidup aktor ini juga pernah dimuat dalam sebuah buku memoar berjudul Straight from the Force’s Mouth yang diterbitkan 2011 lalu. Dan dalam film dokumenter I Am Your Father (2015).

David Prowse dianugerahi MBE, Anggota Ordo Paling Unggul Kerajaan Inggris pada 2000 untuk peran Darth Vader.

Selain menjadi aktor, David juga dikenal sebagai atlet. Ia pernah memenangkan kejuaraan angkat besi Inggris dan mewakili Inggris dalam kategori angkat besi di Commonwealth Games di Brisbane, Australia pada 1962. (nto)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed