by

Kisah Buddy Holly Diangkat ke Layar Lebar

-Film-33 views

Jakarta, Radar Seni – Musisi legendaris Amerika Serikat, Buddy Holly akan diangkat sebagian kisah hidupnya ke layar lebar. Namun cerita film dikabarkan fokus pada tur konser Biggest Show of Stars pada 1958 yang diikuti beberapa penyayi tenar masa itu, termasuk Holly yang sedang tenar-tenarnya dan disebut-sebut bakal menggeser popularitas Elvis Presley.

Disutradarai oleh Bruce Beresford, film berjudul Clear Lake.  Fokus cerita pada konser Clear Lake karena konser tersebut merupakan dobrakan besar lantaran menjadi penampilan pertama musisi multirasial di Amerika. Di konser itulah, musisi kulit putih dan hitam manggung bersama-sama untuk pertama kalinya.

“Nilai utama dari cerita ini adalah bagaimana orang kulit hitam, Latin, dan seniman kulit putih bekerja sama dalam tur musik terintegrasi pertama untuk memulai dobrakan terhadap batasan warna kulit, layaknya yang dilakukan Jackie Robinson di dunia baseball profesional,” kata produser Clear Lake, Rick French, Sabtu (21/11/2020).

Clear Lake sebenarnya sudah digembar-gemborkan sejak 2018 dengan rencana rilis setahun kemudian, tepat di hari peringatan 60 tahun Buddy Holly. Setelah perilisan meleset dari jadwal semula, Bruce Beresford ditunjuk untuk mengepalai proses produksi Clear Lake.

“Saya sangat tertarik dengan Clear Lake karena naskahnya menceritakan cerita tragis Buddy Holly pada eranya dengan detail menakjubkan dan karakterisasi yang sangat jelas,” ujar Beresford.

“Tak perlu diragukan pula nilai tambah musik indahnya sebagai pemikat utama film ini,” sambungnya.

Aktor asal Irlandia, Ruairi O’Connor, akan menjadi pemeran utama sebagai Buddy Holly. Bintang serial Orange is the New Black, Diane Guerrero, akan tampil sebagai istri Holly, Maria Elena Holly, yang saat suaminya meninggal sedang mengandung anak perrtama.

Putra Tom Hanks, Collin Hanks, akan berperan sebagai Norman Petty, produser dan manajer Holly yang brilian, tapi terkadang terlalu mengekang. Rapper Nelly akan berperan sebagai Chuck Berry, musisi rock n’ roll kulit hitam yang juga berjasa dalam memperjuangkan kesetaraan di AS.

Ending film ditutup dengan kematian Buddy Holly dalam kecelakaan pesawat di Clear Lake, Iowa, pada 3 Februari 1959. Hari tewasnya Buddy Holly diperingati sebagai The Day Music Died, karena selain Holly turut tewas dalam kecelakaan itu penyanyi remaja yang sedang naik daun Ritchie Valens yang saat itu baru saja tenar lewat tembang La Bamba, Donna, dan We Belong Together. Tewas pula penyanyi senior Big Bopper yang bernama asli JP Richardson.  (nto)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed