by

Patung Perempuan Direstorasi, Hasilnya Malah Mirip Alien

-Kriya-43 views

Palencia, Radar Seni – Restorasi dimaksudkan untuk memperbaiki kerusakan atau mengembalikan wujud asli suatu benda. Tapi apa jadinya bila restorasi yang dilakukan justru menjadikan sebuah patung klasik hasil  karya seni malah mirip alien?

Patung ornamen eksterior di sebuah gedung bersejarah di Palencia, Spanyol jadi bahan ejekan karena patung yang semula berwajah perempuan tersenyum kini mirip manusia berwajah aneh karena tidak simetris bentuknya.

Posisi mata yang seharusnya terletak berdampingan kini berjauhan, bibirnya jadi j0ntor, pipi pun bengkak.

Seniman bernama Antonio Capel mengunggah foto hasil restorasi cacat tersebut dalam dua versi, yakni sebelum dan sesudah, di laman Facebook miliknya. Unggahan tersebut langsung direspon netizen.

“Saya sangat terkejut. Bagaimana mereka bisa melakukan ini?” kata Capel kepada AP. “Patung itu mesti telah ada di sana setidaknya 10 tahun dan kami baru mengetahuinya sekarang,”

Juru bicara Balai Kota Palencia City menolak memberikan nama si seniman yang merestorasi patung tersebut, dan tidak mau mengatakan kapan kegiatan restorasi dilakukan. Namun ia menyebut kejadian ini akan diselidiki oleh pihak berwenang setempat. (jar)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed