by

Sineas Tanah Air Bertekad Perangi Pengunduhan Film Illegal

-Budaya-30 views

Jakarta, Radar Seni – Sineas tanah air bertekad memerangi pembajakan film, terutama dalam bentuk pengunduhan illegal yang merugikan penghasilan insan fim, mulai dari produser, sutradara, pemain, kru produksi, hingga pemilik catering yang menyediakan makanan bagi awak film.

“Kita harus menindak tegas para pembajak dan bersama bergerak mengubah mindset masyarakat dengan terus memberi pemahaman tentang pentingnya menghormati hak kekayaan intelektual,” ujar Mira Lesmana selaku Dewan Pembina Asosiasi Produser Film (Aprofi) dalam rilis Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang diterima redaksi, Kamis  (12/11/2020).

Mira menegaskan bahwa pembajakan harus dihadapi dengan serius. Hal tersebut merupakan persoalan dan kerugian bersama. Pengunduhan konten secara ilegal diduga menjadi salah satu penyebab kerugian tersebut.

Senada dengan Mira, Ketua Badan Perfilman Indonesia, Chand Parwez Servia menilai pembajakan adalah tindakan pelanggaran hukum yang harus segera dihentikan. “Sudah saatnya seluruh insan perfilman bersuara agar semua pihak menyadari strategisnya perfilman nasional, dan supremasi hukum harus ditegakkan untuk melindungi hak kekayaan intelektual dari karya kreatif anak bangsa yang selama ini jadi cagar budaya Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, rumah produksi Visinema Pictures bersama Bioskop Online melaporkan kasus pembajakan film ke pihak kepolisian. “Hal ini tentunya hanyalah permulaan, kami akan terus bekerja sama dengan pihak kepolisian mengenai kasus ini, khususnya Tim Bareskrim Divisi Siber Mabes Polri,” ujar CEO dan Founder Visinema sekaligus anggota Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (Apfi), Angga Dwimas Sasongko. (jar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed