by

Dian Sastro Jadi Sutradara Film Omnibus “Quarantine Tales”

-Musik-31 views

Jakarta, Radar Pagi – Dian Sastrowardoyo coba profesi baru sebagai sutradara film. Karya perdananya berupa film omnibus berjudul “Quarantine Tales” yang terinspirasi dari kisah-kisah masa karantina akibat pandemi COVID-19.

Dalam film ini ada 5 sutradara yang menyutradai 5 cerita berbeda. Selain Dian Sastro yang kebagian segmen berjudul “Nougat”, beberapa sutradara lain juga memiliki cerita sendiri. Seperti Ifa Ifansyah dengan judul Cook Book, Acho Tenri dengan Happy Girls Don’t Cry. Lalu, Sidharta Tata dengan The Protocol dan Jason Iskandar dengan Prankster.

Ide cerita itu datang saat masa awal pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang berakibat pada tidak dapat dilakukannya kegiatan berkumpul dalam jumlah besar.

“Di awal PSBB waktu itu kita sulit untuk ketemu dengan teman-teman kita, dengan saudara, bahkan Lebaran kita juga online pakai video call ramai-ramai,” ujar Dian Sastrowardoyo dalam jumpa pers virtual, Rabu (11/11/2020).

“Dan dari situ saya bikin cerita ada tiga orang kakak-beradik enggak bisa ketemu. Dari perjalanan, mereka hanya video call, enggak berhubungan,” sambungnya.

Dian mengajak penonton menyelami problema kehidupan dari para karakter di ceritanya yang diperankan oleh Adinia Wirasti hingga Marissa Anita.

“Dari perjalanan video call itu kita bisa melihat bagaimana mereka kadang merasa enggak connected , merasa enggak nyambung, mereka enggak bisa lihat langsung mata ketemu mata, sama enggak bisa ketemu fisik,” ujarnya.

Menjalani debut sebagai sutradara, aktris berusia 38 tahun ini mengakui alami kesulitan, seperti menulis cerita dan pertama kalinya membuat story board. Mungkin bahasanya diceburin ya. Jadi penulis cuma dalam waktu beberapa minggu selesaikan script dengan supervisi tinggi. Habis itu mulai masa pre-production. Pertama kali jadi director, pertama kali bikin story board,” katanya.

Dia  mengaku beruntung dalam proyek pertama sebagai sutradara mendapatkan tim yang kuat biasa mendukungnya.

“Aku beruntung di produksi pertama ini aku dapat fantastic actress dan actor,” katanya.

Film omnibus Quarantine Tales dibintangi oleh beberapa aktor kenamaan seperti Adinia Wirasti, Verdi Solaiman, Marissa Anita, Roy Sungkono, dan Abdurrahman Arif. Quarantine Tales nantinya akan tayang melalui bioskoponline.com dan rencananya tayang di akhir tahun 2020. (jar)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed